Selamat datang di blog kami

Mari kita saling menyapa,bersilaturahmi antara kita semua, semoga dengan bertambahnya silaturahmi kita,maka Allah swt semakin ridho amin, Apabila adaa yang bermanfaat di blog ini, itu semata-mata datang dari Allah Swt, tapi bila ada yang tidak berkenan, itu semua semata-mata kekurangan saya, sebagian yang saya tampilkan bukan karya saya, tapi dapat nyunting dari web tetangga, semoga ybs ridho dan Allah swt memberikan pahala kepadanya amin

Kamis, 01 Agustus 2013

Olah raga murah sambil ibadah



Olah raga murah  sambil ibadah

Olah raga untuk seorang pensiun adalah suatu keharusan, guna menjaga kebugaran dan kesehatan, terkadang kita sulit untuk memilih olah raga apa kiranya yang pantas untuk
seorang pensiun, para ahli telah memaparka bahwa jalan kaki adalah olah raga yang cukup efektip bila di laksanakan secara teratur, diantaranya manfaat olahraga jalan kaki adalah sbb
Untuk  Jantung
Cukup berjalan kaki selama 30 menit, 3 kali atau lebih dalam seminggu, kita sudah bisa menurunkan tekanan darah hingga 5 poin. Demikian temuan dalam Journal of Epidemiology and Community Health. Plus, studi dari Harvard Nurses’ Health juga menyatakan berjalan kaki beberapa kali seminggu sama efektifnya dengan latihan berat untuk menurunkan risiko penyakit jantung pada wanita.

Untuk Otak
Setiap langkah kaki mampu meningkatkan produksi endorfin, hormon ‘senang’ yang bisa mengatasi stres dan perasaan sedih, dalam otak kita. Fakta yang ditemukan dalam studi di Duke University, orang yang depresi secara klinis dilaporkan berhasil mengurangi perasaan tertekan, letih, marah, dan bingung setelah melangkahkan kaki mereka selama 10 menit.
Untuk kulit
Seperti semua latihan kardiovaskular, jalan kaki akan memacu kerja jantung kita dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dan memiliki peredaran darah yang baik, sama artinya kita membuat kulit mendapatkan banyak nutrisi. Sehingga kulit kita tetap sehat dan berkilau.
Untuk sistem imun.
Kita bisa memangkas gejala flu hingga 50% dengan cukup berjalan kaki selama 45 menit setiap hari, sebanyak 5 kali seminggu. Alasannya : Jalan kaki akan membuat sirkulasi darah kita lebih lancar. Ini akan mengoptimalkan fungsi sel darah sebagi penjaga kekebalan tubuh untuk menjangkau dan membubuh virus serta bakteri lebih cepat.
Untuk tulang.
Latihan beban, seperti berjalan kaki, bisa membantu pembentukkan kepadatan tulang. Hasilnya, kita bisa terhidar dari osteoporosis. Sebuah studi menemukan, wanita yang berjalan 1,5 km setiap hari memiliki tulang yang lebih kuat 7 tahun dibanding wanita seusianya yang tidak berjalan kaki.
Itulah beberapa manfaat jalan kaki sesuai apa yang di paparkan oleh Astrid Anastasia pada tulisannya, namun terkadang kita dihinggapi rasa malas untuk melaksanakan, maka para ahli menganjurkan buatlah kelompok atau group untuk melaksanakan kegiatan tsb agar  kita dipacu untuk lebih giat lagi.
Selaku orang pensiunan kita diupayakan menjaga kebugaran diantaranya jalan kaki itu tadi, tapi di sisi lain kita juga tetap dianjurkan bersilaturahim dengan sesama karena sesungguhnya silaturahim itu dapat melapangkan rizqi dan memanjangkan umur, sesuai dengan salah satu hadist yang di riwayatkan oleh bukhari & Muslim yang berbunyi “barang siapa yang ingin dilapangkan rizqi dan dipanjangkan umur hendaklah bersilaturahim.”
Berdasarkan bahasan tersebut diatas maka yang paling baik adalah, marikita bentuk kelompok jalan pagi minimal seminggu sekali, di lingkungan masing-masing dan niatkan setiap jalan pagi tsb kita niat bersilaturahim dengan teman-teman kita, maka kita dapat pahala, dapat rizqi yang lapang dan semoga dipanjangkan umur dan kitapun dapat sehat dan bugar insya Allah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar